top of page

Mind Map / Peta Pikiran - Manfaat dan Cara Membuat




Haii semua! Kalian udah pada tahu belum, niih, apa itu Mind Map? Gimana cara buatnya? Manfaatnya apa aja? Kalau pertanyaan-pertanyaan itu masih terlintas di benak kalian, yuk baca artikel ini!


  1. Pengertian

Mind mapping adalah sebuah teknik atau metode yang menginkorporasikan otak bagian kanan dan kiri untuk menerima berbagai macam ide baru.

Visual yang dibuat dalam mind map dapat membantu kamu mengatur informasi yang baru diterima dan menentukan tema besar yang ada di dalam pembahasan tersebut.

Setelah menentukan tema besar atau inti pembahasan, mind mapping dapat membantu kamu menguraikan rincian dari tema tersebut dan memahami konsepnya secara menyeluruh.

Biasanya, para murid membuat mind map ketika belajar untuk ujian, agar lebih mudah memahami materi dan konsep.

Kita dapat membuat mind map semenarik mungkin agar tidak bosan belajar.


2. Manfaat

Mind map ternyata memiliki banyak manfaat, lho! Berikut adalah manfaat-manfaat yang kita dapat ketika membuat mind map.

  • Membantu proses pembelajaran

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mind mapping dapat membantu kamu memahami sebuah konsep atau materi secara menyeluruh.

Hal ini dikarenakan ketika sedang membuat mind map, kamu ‘dipaksa’ untuk menghubungkan konsep baru dengan pengetahuan yang sudah ada sebelumnya.

Setelah membuat dan melihat hasilnya, kamu akan lebih mudah untuk memahami dan menghubungkan antara satu konsep dengan yang lainnya.

Nah, hal ini mempermudah proses pembelajaran dengan cara yang tidak berat dan membosankan.


  • Lebih produktif

Mind map juga mempermudah kamu untuk menentukan tugas-tugas prioritas.

Setelah mengetahui tujuan dan tugas yang harus segera dikerjakan, kamu dapat mengatur waktu dengan baik dan menjadi lebih produktif.

  • Meningkatkan Kreativitas

Ketika membuat mind map dengan semenarik mungkin, itu adalah pertanda bahwa Mind Map membuat kita lebih kreatif! Supaya terlihat menarik, biasanya mind map akan diberi gambar atau menggunakan warna yang menarik. Proses pembuatan ini dapat merangsang kerja otak bagian kanan.

  • Lebih mudah mengingat sesuatu yang penting

Membuat mind map akan memudahkan kita dalam mengingat serta menemukan gambaran utuh dari informasi yang telah didapat. Materi-materi yang telah didapat dari membaca buku atau sumber-sumber lain dikumpulkan menjadi satu menggunakan metode mind mapping.


3. Cara Membuat

1. Tentukan Media yang akan digunakan

Media yang dapat digunakan antara lain ; kertas, papan tulis, dinding, dan lain sebagainya.


2. Tentukan Tema Besar atau Gagasan

Buatlah lingkaran atau bentuk lain di tengah-tengah media. Tulislah tema besar atau inti pembahasannya, seperti pembahasan tentang 'Musim', 'Energi', dan tema-tema lainnya.


3. Buatlah cabang/sub tema

Buatlah beberapa cabang yang berisi informasi penting dan pembahasan tentang Tema Besar. Buatlah cabang-cabang lain yang berisi pembahasan tentang subtema itu.


4. Hias dan Gunakan Kreativitasmu!

Hiaslah mind map itu dengan warna-warna menarik, gambar, stiker, dan bahan-bahan lain. Buatlah semenarik mungkin!

 

Kalau yang masih bingung apa itu mind map (peta pikiran) dan masih tidak tahu cara membuatnya, kalian bisa menggunakan canva.com untuk mendesain mind map itu. Kalian bisa design mind map itu dengan element-element di canva.com


Caranya :

  1. Buka website canva.com atau aplikasi canva

  2. Search "Mind map"

  3. Lalu pilih design-design yang kamu mau, atau bisa design sendiri

  4. Dan design/buatlah mind map sesuka hati!

Kalian juga bisa dengan mudah membuat Mind Map di microsoft word dan aplikasi lain. Atau bisa juga dengan menggunakan pensil dan kertas!



Sumber : https://glints.com/id/lowongan/mind-mapping-adalah/

5 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page